New Update

Kamis, 21 Juni 2012

PISANG SERIBU NAMA




Jumat, 22/06/12, Hari ini komunitas kami lagi syukuran. Syukuran bukan berarti pesta makan-makan untuk penghuninya melainkan untuk mensyukuri panen hasil bumi dan bangunan kami. Hasil bumi ini, tidak lain adalah Pisang londo. Kebetulan pisangnya ditanam di belakang rumah, dekat kamar cuci dan lebih dekat lagi dengan kolam ikan.


Saat pisang ini ditanam, entah apa yang merasuki Om romo untuk itu, tiba-tiba beliau bersemangat menanam bibit pisang tersebut di tanah kosong dekat kolam ikan. Menurut Rm. Yustin, pisang ini ditanam untuk mengenang minggu panggilan. Dan anehnya nama jenis pohon pisang itu tidak diketahui nama identitasnya.  Setiap kali ditanyakan, Romo katakan lupa namanya, namun ingat bahwa ditanam bertepatan minggu panggilan. “Ya, berinama saja pisang minggu panggilan” ungkap romo.

Seiiring perjalanan waktu batang pohon ini, mulai besar dan makin bertumbuh subur, tidak lama kemudian muncul Pucuk tanda-tanda pohon pisang ini akan berbuah. Dari Jantungnya terlihat besar dan ukurannya beda dari yang pernah kami lihat. Dan itu selalu kami amati tiap makan pagi, siang dan bahkan malam. Beberapa minggu kemudian satu persatu sisiran pisang keluar dari kelopaknya dan menjulur sehingga batang pohon tak sanggup lagi menahan rimbunnya pisang itu.

Karena begitu uniknya pisang ini, kami juga kewalahan memberikan informasi yang benar kepada tetamu yang datang dan kebetulan menanyakan jenis nama pisang itu. Maka muncullah beberapa nama yang sering didengar. Ada yang menyebutnya, PIGE alias Pisang Genohon, PIYU alias Pisang Yustin, Ada juga mengatakan itu PIKO alias Pisang Komunitas, dan ada yang mengatakan itu Pikobeta atau pisang komunitas bersama kita. apalagi PIJAM Pisang jalan Ampel Wahhhh bingung juga mana yang tepat. Akte lahirnya tidak ada. 

Nah akhirnya meski tidak ada nama yang jelas, untuk menyebutnya maka tetap hari ini kami bersyukur, bersyukur karena pisang seribu nama tadi. 

Saat panen pagi ini, setelah dibedah dan identifikasi oleh mas Supri selaku eksekutor, melaporkan bahwa jumlah tandannya ada 14 tandan pisang. Hummmm banyak ya. Kalo dihitung setiap satu sisir pisang itu ada 10 buah maka, kemungkinan besar kami akan pesta makan pisang sebanyak 140 buah. Jumlah frater saat ini di komunitas ada 8 orang, jadi saat makan silahkan bisa nambah lebih dari satu. Karena masing-maing frater mendapat bagian 18 buah pisang. Cukuplah untuk bekal satu minggu.

Nah siapa yang mau makan pisang segera mendaftar ke Komunitas Provinsialat CMM, paling dapat anakannya tuh,.. hahahhahha... selamat menikmati. (06Y)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Minima 4 coloum Blogger Template by Beloon-Online.
Simplicity Edited by Ipiet's Template