New Update

Rabu, 26 Oktober 2011

Pengalaman Pertama Motret Model dengan Nikon D90

Minggu, 20 Oktober 2011, aku diundang sahabatku dari photography club, dalam undangannya dia mengatakan bahwa ada even foto model buat para photographer. Wah awalnya aku ragu bisa gak ya ikut sedangkan kerjaanku masih manumpuk. Sebenarnya aku agak malas ikut acara seperti gituan, karena aku lebih suka jepret objek landscape atau yang natural saja. Tapi entah mengapa, ajakan sahabatku ini agak sulit untuk kutolak. Sebagai sahabat, aku berusaha senangkan dia dan tentunya sambil belajar dari pengalaman ini.
Alamat tempat pengambiilan gambar tidak terlalu jauh dari tempat tinggalku, dan baru aku tahu bahwa dalam even ini, diselenggarakan oleh Gudang Digital Yogyakarta. Umhhh… selain pengambilan gambar, ada juga sarasehan mengenai photo pemula. Wah beruntung banget nih ada materinya. Dan lebih beruntung lagi karena acara ini sepenuhnya didukung oleh panitia pemilik Gudang Digital. Peserta hanya diminta untuk registrasi. Gratis..!

Sesampainya aku di lokasi, banyak teman-teman photographer muda berdatangan. Mereka juga mendapat undangan yang sama. Kami lalu saling berkenalan ternyata mereka juga sudah banyak melakukan  kegiatan hunting foto bersama.  Wah rasanya aku benar-benar newbie nih. Apalagi peralatan mereka tergolong jauh dari apa yang aku miliki. Untuk membesarkan hati aku hanya bilang bahwa aku hanya punya Nikon D90, itupun lum paham banget dengan menu-menunya hehhehhe… yang penting bisa jeprett dech.. niatku shoot saat yang tepat. Gak perlu takut sekalipun masih ada rasa kurang percaya diri.
Sambil menunggu panitia memulai acaranya, kami diajak masuk ke sebuah ruang khusus buat pertemuan atau bila ada even tertentu bisa dilakukan di ruang ini. Ruang ini lapang dan luas, terletak persis di atas lantai dua, sedangkan lantai satu untuk showroom foto.
Satu per satu, peserta masuk ruang dan langsung registrasi pada panitia. Kurang lebih 50 orang yang terdaftar di buku registrasi. Tidak lama kemudian MC membuka acara tersebut, kami diminta untuk mengambil gambar dengan posisi mana pun boleh, dengan menggunakan Flash juga boleh. Lalu dua cewek manis, sebgai model diundang ke depan memperkenalkan identitas mereka.
Tempat pengambilan gambar persis, di depan Gerai Showroom Gudang Digital, sebuah moge Harley Davidson diparkir disana. Jadi modelnya akan memakai media ini untuk  menambah keindahan model nantinya.
Lalu MC mengatakan bahwa setiap hasil jepretan peserta yang terbaik, akan diberi reward dari pihak penyelenggara. Wow…. Ada hadiah nih heheh tapi gimana ya bisa gak ya berkompetisi?
Waktu untuk aksi motret dimulai, peserta diberi kesempatan mengambil gambar sebaik mungkin, dengan mengeluarkan senjata pamungkas mereka. Akupun keluarkan senapan Nikon D90 dengan tele 108 mm.  Limabelas menit selesai juga untuk sesi motret model pertama, selanjutnya disusul oleh model berikutnya. Tanpa kenal lelah, kamera DSLR langsung mengarah kepadanya, sembari sesekali tebar pesona dan senyum artis mengikuti arahan dari panitia.
Setelah 30 menit, lelah juga rasanya… kami diminta kembali ke ruang pertemuan sambil memilih gambar terbaik yang akan diserahkan kepanitia, sementara memilah gambar terbaik dari setiap peserta, kami disuguhi snack ringan. Akhirnya selesai juga, panitia mengumpulkan setidaknya 150 gambar. Dari sejumlah gambar itu, akan diambil sepuluh besar sampai tiga besar. Dari hasil karyaku, ternyata masuk nominasi 10 besar. Kemudian diseleksi, wah syukur ternyata saya masuk dalam Foto terbaik 3 besar, dan ternyata saya menjadi juara dua, dan temanku yang mengundang tadi menempati posisi ketiga. Aku mendapat hadia berupa tripot, lumayan bagus buat hunting gambar. Wah rasanya gak percaya. Pertama ikut even motret model langsung mendapat sambutan hangat. Pengalaman ini menjadi dorongan dan motivasi bagi saya untuk menjadi photographer yang benar-benar menghargai profesi ini, bukan hanya sekedar hobby doang tetapi membawa perubahan hidup yang lebih bermakna. Kuucapkan terimakasih buat para sahabat photographer dan tentunya pihak Gudang Digital. Semoga sukses selalu. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Minima 4 coloum Blogger Template by Beloon-Online.
Simplicity Edited by Ipiet's Template