New Update

Jumat, 23 September 2011

JOGJA, SEJUTA PESONA

Siapakah diantara anda yang sampai saat ini tidak mengenal atau belum pernah mendengar sama sekali nama  Jogja atau Yogyakarta? Atau anda termasuk orang yang belum pernah datang ke Jogja? Apa bila anda termasuk dalam golongan orang yang di sebutkan di atas. Sayang sekali, karena anda belum beruntung. Menjawab pertanyaan ini, rasanya mustahil jika sekarang masih ada segelintir  masyarakat Indonesia yang hingga kini belum juga mengenal atau belum pernah mendengar nama Jogja. Saya yakin masyarakat kita yang tinggal diluar pulau jawa pun dan belum pernah datang ke Jogja pasti juga mengenal Jogja. Paling tidak pernah mendengar dari Radio, melihat di telvisi atau pernah baca di koran dan majalah. 

Saya masih ingat, ketika dalam pelajaran Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa di Sekolah Dasar, Bapak guru pernah berceritera tentang serangan umum 1 Maret di Yogyakarta. Bagi saya itulah kali pertama saya mendengar tentang nama Yogyakarta. Saat itu saya masih sulit membayangkan tentang Yogyakarta yang sesungguhnya. Informasi yang kita terima dari guru, melalui siaran di Televisi dan koran atau majalah membuat kita merasa kurang puas. Rasa kurang puas ini mengundang masyarakat Indonesia dari usia anak-anak hingga orang dewasa sesungguhnya mendambakan bisa menikmati liburan atau wisata ke Jogja. Lebih-lebih anda yang berasal dari luar Jogja sejak mengetahui lebih banyak tentang Jogja tentunya mempunyai cita-cita agar kelak bisa mewujudkan impian untuk datang ke Jogja.
Kota Jogja memang pantas menjadi impian bagi seluruh masyarakat, khususnya Indonesia maupun masyarakat internasional umumnya. Terlebih karena Yogyakarta sendiri merupakan kota sejarah terpenting di Indonesia. Selain itu Yogyakarta juga di kenal sebagai kota pendidikan dan budaya. Hal ini mengingat Jogja yang melimpah akan sumber belajar, seperti dosen yang berkualitas, perpustakaan, laboratorium, museum bersejarah, candi-candi kuno dan pusat-pusat studi yang ada. Tidak heran setiap tahun banyak pelajar mahasiswa dan mahasiswi dari luar pulau yang memilih untuk studi di Jogja. Jogja juga sangat di kenal sebagai kota budaya terutama karena Sri Sultan dan masyarakat Yogyakarta sendiri masih mempertahankan Keraton sebagai pusat budaya.
Masyarakat Jogja juga sangat menjunjung tinggi kehidupan masyarakat yang heterogen. Kehidupan masyarakat Jogja yang harmonis menjadikan kenyamanan tersendiri bagi masyarakat pendatang dari segala penjuru dunia. Suasana yang aman tentram dan damai ini, mengundang banyak wisatawan untuk memilih kota Jogja sebagai tempat wisata.  
Wisatawan mancanegara dan domestik yang ingin mengenal budaya masyarakat Jogja dapat menyaksikan berbagai rangkaian atraksi yang diadakan setiap tahun. Diantaranya, pentas dan pameran seni budaya yang di selenggarakan di Keraton, alun-alun serta ditempat wisata lainnya. Sisi lain yang membuat Jogja semakin pantas untuk tetap di kukuhkan sebagai Daerah Istimewa yakni banyaknya objek wisata yang sangat menarik. Tempat-tempat objek wisata yang sangat menarik di Jogja ini menawarkan aneka wisata berupa wisata budaya, wisata alam, wisata kuliner, hiburan dan rekreasi, wisata pendidikan dan wisata belanja.
Bagi anda yang punya pacar, teman, kenalan atau keluarga bisa menikmati akhir pekan atau liburan dan memilih tempat-tempat wisata yang menarik di Jogja. Bagi anda yang punya hobi belanja anda bisa mengunjungi Malioboro, Bursa Agro Jogja, Pasar Bringharjo dan Pasar Klithikan. Setelah belanja, mungkin anda merasa perlu hiburan dan rekreasi untuk menyegarkan pikiran dengan mengunjungi kebun binatang Gembiraloka, istana air Taman Sari, dan Purawisata. Kemudian untuk mengusir rasa penat, anda dapat mengunjungi wisata alam dengan sejuta pesona pemandangan alam yang indah seperti Pantai Parangtritis, Pantai Baron, Pantai Samas, Goa Selarong, Pantai Glagah, Pantai Kukup, Pantai Wedi Ombo, Lereng Merapi, dan Kaliurang.
Bagi pelajar dan mahasiswa yang ingin menikmati wisata pendidikan di masa liburan, bisa mengunjungi Monumen Jogja Kembali, Museum Keraton Yogyakarta, Museum Sonobudoyo, Museum Perjuangan, Istana Kepresidenan, Museum Bahari Yogyakarta, Museum Puro Pakualaman, Museum Batik dan Sulam, serta Museum Benteng Vredeburg. Selain wisata pendidikan ada juga wisata budaya bagi yang senang dan hobi mengetahui budaya Jogja, seperti Alun-alun Selatan,  Keraton, Makam Kotagede, Kampung Wisata Dipowinatan, Candi Prambanan, Candi Kalasan, dan Keraton Ratu Boko. Anda juga bisa melanjutkan wisata ke Candi Borobudur dengan menempuh perjalanan sekitar 40 km dari arah barat laut Yogyakarta. Setelah anda mengunjungi seluruh tempat-tempat wisata yang ada, anda tentu merasa kurang lengkap. Nah, Jogja masih menawarkan aneka ragam wisata kuliner. Tergantung selera, mau yang murah hingga yang enak dan bergizi.  Ada gudeg makanan khas Jogja, angkringan, burjo dan nasi kucing menu khas mahasiswa, Wedang Secang sebagai minuman penghangat. Ada Kue Mata Kebo di pasar Bringharjo,  bakmi pentil dan bakmi godhog di pojok Benteng, sate kelinci, sate sapi di lapangan karang Kotagedhe, jadah, Kue YANKO dan Kue KIPO di Kotagedhe, selanjutnya anda juga bisa membeli oleh-oleh khas Jogja di kuliner Pathuk dan masih banyak lagi tempat-tempat wisata kuliner yang lainnya.
Kehadiran objek-objek wisata yang menarik membuat para wisatawan selalu memilih Jogja sebagai tujuan wisata utamanya. Nah, bagi anda yang masih penasaran dan ingin datang ke Jogja, tidak ada salahnya jika anda memilih untuk mengunjungi tempat-tempat wisata menarik yang sudah disebutkan di atas. Banyak wisatawan yang telah mengunjungi tempat-tempat wisata menarik di Jogja pasti akan merasa puas. Jangan menunda sampai minggu depan, bulan depan atau tahun depan. Ayo, nikmati sekarang juga sejuta pesona di Jogja.

Shared by : Br. Frans, MTB
Tinggal di  Yogyakarta.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Minima 4 coloum Blogger Template by Beloon-Online.
Simplicity Edited by Ipiet's Template